Pengantar

Jika Anda seorang desainer, Anda mungkin menggunakan laptop Anda untuk berbagai tujuan. Anda mungkin memerlukannya untuk menangani tugas-tugas intensif seperti manipulasi grafis, rendering, dan pemodelan 3D, tetapi Anda juga mungkin ingin agar dapat mengikuti kebiasaan konsumsi media Anda. Sementara beberapa tuntutan ini dapat ditangani oleh komputer desktop bertenaga tinggi (yang mungkin diperlukan untuk atlet angkat berat), tugas-tugas lain lebih cocok untuk penyiapan seluler. Tapi jenis laptop apa yang harus Anda dapatkan? Dan seberapa pentingkah cara Anda menggunakan komputer dalam memilih salah satu? Jawabannya tidak sesederhana kelihatannya, tetapi panduan kami akan membantu Anda menemukan peralatan yang tepat untuk pekerjaan itu.

Dell Inspiron lama yang Anda beli di awal 2000-an mungkin masih berfungsi, tetapi mungkin tidak akan mampu menangani beban kerja Anda saat ini.

Jika Anda masih menggunakan Dell Inspiron lama, saatnya untuk meningkatkan. Sementara laptop Anda mungkin telah melayani Anda dengan baik selama bertahun-tahun dan masih akan berjalan dengan biaya, mungkin tidak akan mampu menangani beban kerja desainer modern.

Jika Anda melihat laptop baru dan bertanya-tanya berapa banyak daya yang Anda butuhkan, berikut adalah beberapa faktor yang dapat membantu menentukan spesifikasi apa yang membuat mesin desain yang sesuai:

  • Prosesor: Prosesor (atau CPU) pada dasarnya adalah otak dari komputer Anda; itu melakukan semua perhitungan yang diperlukan oleh sistem Anda dan memproses data yang sesuai. Semakin cepat chip ini berjalan, semakin cepat program akan terbuka, file akan diunduh dan dirender--dan secara umum--semakin cepat semuanya berjalan saat menggunakan komputer Anda.
  • Kartu grafis: Kartu grafis seperti "otak" tambahan yang didedikasikan khusus untuk merender gambar atau melakukan tugas lain yang terkait dengan pemrosesan visual seperti pengeditan video atau perangkat lunak manipulasi foto seperti Photoshop atau GIMP

Prosesor

Prosesor adalah otak dari komputer Anda. Itu yang menjalankan program, memproses data, dan memastikan semuanya berjalan lancar. Semakin cepat ia dapat melakukan semua ini, semakin lancar pengalaman Anda di laptop.

Saat berbelanja laptop baru, Anda pasti ingin memastikan bahwa laptop tersebut memiliki kecepatan prosesor yang cukup cepat untuk memenuhi semua kebutuhan Anda sebagai seorang desainer, tetapi tidak terlalu tinggi sehingga membutuhkan biaya yang mahal. Misalnya, jika Anda berencana bekerja dengan file gambar besar atau melakukan pekerjaan animasi intensif pada Adobe After Effects atau Cinema 4D, maka Anda harus mencari sesuatu dalam kisaran 2 GHz (atau lebih tinggi). Jika sebagian besar pekerjaan Anda melibatkan ukuran file yang lebih kecil dan tugas-tugas yang lebih sederhana seperti mengedit foto di Lightroom atau menambahkan teks ke desain menggunakan Illustrator atau InDesign—atau keduanya—maka 1 GHz mungkin cukup untuk saat ini sampai kebutuhan yang lebih maju muncul nanti saat memutakhirkan. t biaya uang muka sebanyak membeli sesuatu dengan spesifikasi top-of-the-line saat ini akan membutuhkan segera (dan mungkin tidak pernah membutuhkannya lagi).

Ukuran dan resolusi layar

Ukuran layar dan resolusi laptop Anda juga merupakan faktor penting saat mendesain. Layar besar akan memungkinkan Anda untuk melihat lebih banyak pekerjaan Anda sekaligus, tetapi juga dapat membuat sulit untuk fokus pada salah satu bagian dari desain. Tampilan yang lebih kecil dan beresolusi lebih tinggi akan membantu Anda melihat detail dalam pekerjaan Anda, tetapi ini mungkin menyulitkan Anda untuk mengambil gambar secara keseluruhan.

Secara umum, desainer cenderung lebih menyukai layar yang lebih besar dan resolusi yang lebih rendah karena mereka menawarkan lebih banyak ruang untuk pekerjaan mereka sambil mempertahankan ketajaman. Namun, jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman sebagai desainer atau tidak merasa yakin tentang ukuran layar yang terbaik untuk kebutuhan Anda—atau apakah layar beresolusi tinggi sebenarnya lebih baik daripada layar yang lebih rendah—Anda mungkin ingin memilih pengaturan sedang. alih-alih memaksimalkan kedua ujung spektrum dulu

Kartu grafik

Kartu grafis merupakan komponen penting bagi editor video dan gamer, tetapi juga penting bagi desainer dan animator. Pengguna CAD membutuhkan kartu grafis dengan GPU performa tinggi untuk menjalankan aplikasi mereka dengan lancar. Jika Anda bekerja di salah satu bidang ini, Anda harus memiliki GPU yang baik sehingga komputer Anda dapat menangani tuntutan tinggi dari apa yang Anda lakukan dan alur kerja Anda tidak terganggu oleh lag atau crash.

Saat memilih kartu grafis, ada dua hal utama yang perlu Anda pertimbangkan: konsumsi daya (dan pembangkitan panas) dan rasio harga/kinerja (berapa banyak uang yang Anda keluarkan). Jika Anda menginginkan sesuatu yang kuat tetapi tidak ingin menghabiskan terlalu banyak uang untuk tagihan listrik selama jam sibuk, pilihlah dengan watt rendah; jika tidak memiliki mesin yang terlalu panas lebih penting daripada menghemat uang untuk tagihan listrik, dapatkan satu dengan watt yang lebih tinggi sebagai gantinya!

Port

Port adalah koneksi fisik pada laptop. Mereka dapat menyertakan port USB, HDMI, Ethernet, dan kartu SD.

Sebagian besar laptop saat ini memiliki satu atau dua port USB 3 yang tersedia untuk dicolokkan ke perangkat eksternal seperti mouse atau keyboard. Laptop yang digunakan untuk bermain game mungkin juga memiliki port USB 2 tambahan untuk menghubungkan pengontrol game atau kombo headset/mikrofon Anda.

HDMI dan DisplayPort adalah port output video yang memungkinkan Anda menghubungkan laptop langsung ke monitor eksternal atau layar TV masing-masing menggunakan kabel HDMI atau kabel DisplayPort (kabel DisplayPort cenderung lebih mahal daripada kabel HDMI). Selain memungkinkan Anda untuk menampilkan konten dari laptop Anda ke perangkat tampilan lain, ini juga dapat digunakan sebagai metode input - artinya jika orang lain telah menghubungkan laptop mereka melalui kabel HDMI mereka sendiri, maka Anda dapat menggunakan milik mereka daripada membeli sendiri!

Daya tahan baterai

Daya tahan baterai merupakan pertimbangan penting bagi desainer yang bekerja sambil beraktivitas, tetapi ini bukan hanya tentang total jam kerja. Ada sejumlah faktor yang memengaruhi masa pakai baterai, dan beberapa di antaranya lebih halus dari yang Anda kira.

Ukuran layar, resolusi dan kartu grafis akan menguras baterai laptop Anda; prosesor juga berperan. Dalam hal port dan konektor, USB-C lebih efisien daripada koneksi USB 3.0 tradisional (tetapi hanya jika Anda menggunakan kabel yang kompatibel).

Pertimbangkan fitur laptop dengan cermat sebelum membelinya.

Sebelum Anda melakukan pembelian, penting untuk mempertimbangkan fitur laptop Anda dengan cermat. Laptop sangat serbaguna dan dapat digunakan untuk bekerja atau bermain, tetapi fitur tertentu lebih penting untuk menyelesaikan pekerjaan.

Berikut adalah beberapa faktor yang paling kritis:

  • Ukuran dan resolusi layar
  • Kartu grafis (dan komponen lainnya)
  • Port tersedia (mis., USB-C)
  • Daya tahan baterai

Kesimpulan

Ada banyak hal berbeda yang perlu dipertimbangkan ketika membeli laptop baru. Dari prosesor, hingga ukuran dan resolusi layar, kartu grafis dan masa pakai baterai, tidak ada kekurangan pilihan ketika tiba saatnya untuk melakukan pembelian ini. Saat memilih model berikutnya, kami sarankan untuk memikirkan cara Anda menggunakan perangkat serta fitur apa yang paling penting. Jika bobot lebih penting daripada kekuatan pemrosesan misalnya, maka gunakan perangkat yang lebih kecil yang mungkin tidak menawarkan semua lonceng tetapi masih memiliki kekuatan yang cukup untuk menyelesaikan sesuatu (seperti proyek desain).

Rekomendasi

Rekomendasi laptop untuk desainer

Dell Alienware M15
Buy
MSI GF63 Thin
Buy
Acer Predator Nitro 5
Buy
Asus ROG Strix G17
Buy