Pengantar

Saya seorang penulis dan editor, jadi setiap kali saya membeli sesuatu, saya melewati beberapa tahap pengambilan keputusan yang berbeda. Pertama, saya memeriksa ulasan. Jika mereka buruk (yang jarang terjadi), maka saya pergi ke situs web produsen dan membaca produk. Maka saatnya untuk memeriksa harganya, karena jika ada sesuatu yang terlalu mahal maka saya pindah. Meskipun ada beberapa toko eceran yang mengkhususkan diri dalam menjual komputer dengan harga bagus, mereka tidak selalu menjual produk terbaik—dan selain itu, mengapa membayar lebih jika Anda bisa mendapatkan produk yang sama bagusnya dengan harga yang lebih rendah?

DDR3 dan DDR3L keduanya adalah modul memori inline ganda tanpa buffer.

DDR3 dan DDR3L keduanya adalah modul memori inline ganda (UDIMM) tanpa buffer. Mereka menggunakan DIMM 240-pin, tetapi chip sebenarnya di dalam DIMM berbeda. DDR3 menggunakan catu daya 1.5V dan memiliki kecepatan akses yang lebih rendah daripada DDR2. Tegangan rendah hanya 1,35V dapat membuat memori lebih sulit untuk di-overclock karena membutuhkan lebih banyak daya untuk berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi. Kecepatan modul memori tergantung pada berapa banyak bit modul dapat membaca atau menulis dalam satu siklus, yang disebut bandwidth, serta clock rate (MHz).

Keduanya menggunakan 240 pin.

Baik DDR3 dan DDR3L menggunakan faktor bentuk 240-pin yang sama.

DDR3 memiliki bandwidth yang lebih tinggi daripada DDR3L.

RAM DDR3L lebih lambat dari RAM DDR3. DDR3 memiliki bandwidth dan latensi yang lebih tinggi, tetapi juga lebih cepat daripada DDR3L.

DDR3 bekerja pada 1.5V sedangkan DDR3L beroperasi pada 1.35V.

Sementara kedua jenis RAM memiliki bandwidth yang sama, RAM DDR3L lebih hemat daya dan lebih efisien. Ini berarti membutuhkan lebih sedikit energi untuk menjalankan dan menghasilkan lebih sedikit panas selama pengoperasian dibandingkan DDR3.

Perbedaan utama antara kedua jenis RAM ini dapat ditemukan pada konsumsi dayanya: meskipun keduanya menggunakan 1,5V atau 1,35V, masing-masing, keduanya beroperasi pada frekuensi yang berbeda (PC3-10600 vs PC3-12800).

RAM DDR3 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007, diikuti oleh RAM DDR3L pada tahun 2011.

RAM DDR3 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007, diikuti oleh RAM DDR3L pada tahun 2011.

Yang terakhir adalah versi daya yang lebih rendah dari yang pertama, itulah sebabnya disebut "daya rendah." Menggunakan lebih sedikit listrik dan mengurangi keluaran panas dari motherboard. Karena itu, ini juga dikenal sebagai "tegangan rendah" atau "tegangan rendah." Karena mereka kompatibel satu sama lain (artinya mereka dapat bekerja sama), Anda dapat menggunakan salah satunya secara bergantian.

Jika Anda memiliki laptop yang menggunakan RAM DDR3L, Anda dapat menggantinya dengan RAM DDR3.

Jika Anda memiliki laptop yang menggunakan RAM DDR3L, Anda dapat menggantinya dengan RAM DDR3. Perbedaan utama antara kedua jenis memori ini adalah bahwa yang terakhir lebih cepat dan lebih mahal daripada yang pertama. Untuk menentukan jenis RAM yang digunakan laptop Anda, lihat spesifikasinya atau telusuri situs web produsen Anda untuk informasi tentang perangkat kerasnya.

Jika Anda tidak yakin apakah masuk akal untuk membeli memori baru untuk komputer Anda, pertimbangkan apakah Anda memerlukan kinerja yang lebih cepat dari laptop Anda atau tidak. Jika demikian, lanjutkan dan tingkatkan—tetapi jika tidak, mungkin ada sedikit alasan untuk melakukannya.

Kesimpulan

Penting untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan RAM yang tepat untuk komputer Anda sebelum keluar dan membelinya. Baik DDR3 dan DDR3L adalah pilihan bagus untuk sistem berdaya rendah, tetapi hanya jika Anda menggunakan mesin yang dapat menanganinya. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang apakah modul ini akan berfungsi dengan sistem Anda atau tidak, pastikan untuk menghubungi ahlinya sebelum melakukan pembelian!

Rekomendasi

Rekomendasi RAM DDR3 dan DDR3L yang dapat anda beli

RAM DDR3
RAM VGen Rescue 2/4/8GB
Buy
RAM SAMSUNG 4GB
Buy
RAM DDR3L
RAM VGen Rescue 2/4/8GB
Buy
RAM SAMSUNG 4GB
Buy