Pengantar

Komputer adalah perangkat yang dapat digunakan untuk menyimpan data dan memproses informasi. Komponen-komponen yang menyusun komputer disebut perangkat keras. Ada banyak jenis perangkat keras, termasuk CPU, motherboard, modul RAM, perangkat penyimpanan seperti hard drive atau solid state drive (SSD), power supplay, dan aksesori lain seperti kasing atau stasiun dok.

Sebuah komputer memiliki komponen-komponen ini:

Untuk membangun komputer, penting untuk memahami komponen yang membentuk PC Anda. Sebuah komputer memiliki komponen-komponen ini:

CPU (Central Processing Unit) – Ini seperti otak Anda, ini adalah “otak operasi”. Itu membuat keputusan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya dan bagaimana mewujudkannya. CPU dapat dibandingkan dengan otak karena menyimpan semua data kita dan memproses informasi sehingga kita dapat membacanya nanti saat kita siap. Ini juga membantu kami melacak waktu ketika kami membutuhkan sesuatu dilakukan dengan cepat dengan memastikan semuanya terjadi dalam milidetik sehingga tidak ada yang hilang di antara langkah-langkah saat melakukan tugas-tugas seperti memutar musik atau video online sambil juga mencoba hal-hal lain sekaligus seperti menulis email atau memeriksa akun media sosial di tempat kerja selama istirahat jam makan siang tanpa kehilangan jejak apa yang terjadi sebelumnya yang dapat menyebabkan beberapa crash akibat ruang memori yang tidak mencukupi pada hard drive karena

CPU

CPU Komputer
Credit : Pixabay

Central Processing Unit (CPU) adalah otak komputer Anda dan sering disebut sebagai “mesin” komputer. CPU pada dasarnya adalah apa yang membuat komputer berjalan dengan memproses perhitungan, mengeksekusi instruksi dan membuat keputusan. Ini juga salah satu komponen terpenting di PC Anda karena menangani hampir semua tugas sistem. Karena itu adalah komponen yang sangat penting, ini juga mungkin salah satu bagian paling mahal di komputer Anda—jadi Anda tidak ingin itu rusak!

Ada banyak produsen berbeda yang memproduksi CPU dengan spesifikasi dan fitur berbeda; namun, mereka semua pada dasarnya melakukan hal yang sama: mengeksekusi kode yang disimpan dalam memori sehingga tugas tertentu dapat dilakukan oleh berbagai program yang berjalan di mesin Anda.

Ketahui Lebih Dalam Tentang Prosesor >>

Motherboard

Motherboard Komputer
Credit : Pixabay

Motherboard adalah papan sirkuit utama komputer. Motherboard menghubungkan semua bagian komputer bersama-sama dan memungkinkan mereka untuk berkomunikasi satu sama lain. Ini juga menghubungkan CPU, RAM, penyimpanan, dan catu daya. Motherboard bisa dibilang bagian terpenting dari komputer mana pun karena menentukan seberapa cepat sistem Anda dapat berjalan dan berapa banyak memori yang dapat ditanganinya.

Selain menghubungkan semua komponen bersama-sama, motherboard melakukan fungsi tertentu yang membuat semuanya berjalan lancar:

RAM

RAM Komputer
Credit : Pixabay

RAM adalah ruang penyimpanan untuk komputer Anda. Ini adalah penyimpanan sementara, yang berarti hanya menyimpan data untuk waktu yang singkat sebelum dibuang oleh unit manajemen memori (MMU) sistem. RAM adalah penyimpanan yang mudah menguap karena isinya hilang saat Anda mematikan komputer.

Karena RAM bersifat sementara dan tidak stabil, maka harus terus diperbarui dengan data baru dari hard drive Anda agar program dapat melakukan tugasnya. Jika tidak ada mekanisme penyegaran yang dibangun ke dalam komputer, mereka akan membeku setelah menjalankan beberapa program atau menutup jendela folder!

Setiap byte RAM mewakili satu byte pada hard drive Anda, tetapi tidak persis seperti menyalin file dari satu tempat ke tempat lain—sebaliknya, setiap byte informasi file harus dimuat ke dalam memori virtual sebelum dapat diakses oleh program atau proses apa pun yang berjalan di perangkat keras tertentu pada waktu tertentu.”

Penyimpanan

Harddisk Komputer
Credit : Pixabay

Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data di komputer. Jenis perangkat penyimpanan yang paling umum adalah hard disk drive, yang menawarkan kapasitas besar dengan harga yang wajar. Jenis perangkat penyimpanan umum lainnya termasuk solid state drive (SSD), flash drive, kartu memori, dan thumb drive.

Power Supplay (PSU)

PSU Komputer
Credit : Pixabay

Power Supplay (PSU) adalah perangkat yang memasok daya ke komputer. Ini mengubah arus bolak-balik (AC) dari stopkontak ke arus searah (DC) yang dapat digunakan oleh komputer.

PSU berisi satu atau lebih transformator, penyearah, dan filter untuk mengubah tegangan AC menjadi listrik DC tegangan rendah untuk digunakan oleh komponen di dalam komputer Anda. Motherboard ATX pada umumnya memerlukan minimum +5 V DC dan +12 V DC pada masing-masing dua amp, tetapi mungkin ada lebih dari satu rel yang menyediakan voltase ini serta jenis rel lain yang memasok voltase lebih spesifik yang dibutuhkan oleh komponen spesifik pada motherboard Anda seperti rel -12 V dan +3,3 V.

Ini adalah hal-hal yang membentuk komputer

Komponen-komponen yang menyusun komputer adalah :

  • Motherboard, yang menampung CPU dan komponen lainnya
  • CPU, atau unit pemrosesan pusat. Ini adalah chip utama komputer Anda yang melakukan semua operasinya. Itulah yang membuat komputer Anda bekerja, jadi untuk berbicara!
  • Memori akses acak (RAM), juga disebut memori sistem. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara saat sedang diproses oleh programs yang berjalan di mesin Anda. Jika Anda memiliki RAM terlalu sedikit, komputer Anda akan berjalan lambat karena harus memindahkan informasi masuk dan keluar dari penyimpanan lebih sering daripada jika memiliki lebih banyak ruang untuk menyimpan semuanya di sana sekaligus. Jika ini cukup sering terjadi—misalnya lebih dari sekali setiap 10 menit—Anda mungkin melihat hilangnya kinerja atau sering macet/rusak karena drive penuh tidak memungkinkan ruang untuk file baru secepat yang diperlukan

Kesimpulan

Saya harap posting blog ini telah membantu Anda memahami komponen penting dalam komputer. Saya tahu ada banyak hal lagi yang diperlukan untuk membuatnya, tetapi ini adalah yang paling penting untuk memulai!